Bisnis Plan Kedai Kopi Yang Membuat Usaha Anda Menuai Sukses

Bisnis Plan Kedai Kopi Yang Membuat Usaha Anda Menuai Sukses

Kesuksesan dari bisnis kedai kopi Starbucks akhir akhir ini mulai merajai pasaran Indonesia, nyatanya memberi angin segar untuk pemula yang hendak terjun menekuni bisnis serupa. 

Daya beli konsumen yang semakin membaik dan bergesernya gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih modern, menjadikan prospek pasar bisnis kedai kopi di Indonesia semakin hari kian bersinar terang. Seperti bisnis plan kedai kopi yang jitu? Kita bahas lengkap di sini.

Memulai sebuah bisnis coffee shop nyatanya tidak segampang menyeduh kopi di dalam cangkir. Coffee shop adalah sebuah bisnis yang memiliki berbagai aspek yang harus diperhatikan. Jadi kafe yang sukses bukan berdasarkan modal belaka. 

Sebelum kamu membuka gerai kopi, ada baiknya membaca artikel ini tentang bisnis plan kedai kopi yang tentunya akan membantu kamu mempertimbangkan hal sebelum terjun ke dunia yang sebenarnya menjanjikan.

Bisnis Plan Kedai Kopi Yang Membuat Usaha Anda Menuai Sukses

Ilmu Manajemen Bisnis Plan Kedai Kopi

Bila Anda memiliki minat untuk terjun dalam bisnis kedai kopi ini, ada baiknya jika Anda memperhatikan berbagai bisnis plan kedai kopi di bawah ini :

1. Buatlah konsep bisnis yang sesuai dengan segmen pasar Anda.

Seperti kita ketahui bersama, kesuksesan bisnis kedai kopi tidak hanya dipengaruhi oleh keahlian sang barista dalam menyajikan racikan kopi. Namun juga dipengaruhi dari konsep dalam bisnis yang diusung untuk dapat memikat para konsumen. Karena, komunitas yang ada di dekat Anda menjadi target yang cukup potensial untuk disasar.

Strategi pemasaran seperti inilah yang mulai diusung “Kedai Mang Tuwuk” yang berlokasi di Jogja, dimana sang pemilik kedai sengaja menghadirkan ratusan buku bacaan untuk memanjakan konsumennya yang rata-rata adalah para mahasiswa. Sudah terbukti, dengan strategi marketing tersebut berhasil dan memberi nilai plus untuk bisnis kedai kopi dan dapat mencegah ketatnya persaingan bisnis  di sekitarnya.

2. Interior

Jika konsep sudah benar-benar matang, maka kamu harus memikirkan interior yang sesuai konsep kafe kamu. Interior haruslah nyaman dan membuat pelanggan betah saat menikmati makanan dan minuman. Perhatikan saat pemilihan kursi, meja, pencahayaan serta warna dari ruangan. Karena elemen tersebut membantu membuat gerai kopi kamu menjadi nyaman.

3. Menciptakan beragam menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan.

Disamping menawarkan beragam menu kopi untuk produk andalan, pastinya Anda harus kreatif dalam menciptakan menu-menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan. Sebagai contoh menawarkan minuman selain kopi, seperti  milk shake, jus buah, minuman coklat, lemon tea,dan menambah menu bakery dan cake untuk teman saat minum kopi. 

Inovasi semacam ini dapat kita contoh berkaca pada Lavazza, perusahaan kopi yang ada di Italia yang menawarkan produk cookie cup (cangkir kopi unik yang bisa dimakan) untuk menunjukan kepedulian mereka menghemat pemakaian plastik, dan sebagai strategi pemasaran agar dapat menarik minat konsumen.

4. Perkenalkan brand produk di sosial media.


Anda bisa juga memanfaatkan twitter, facebook dan YouTube dalam memperkenalkan produk atau merek dari kedai kopi Anda di sosial media. disini Anda dapat mengikuti langkah Starbucks yang menyelenggarakan kompetisi lewat situs di jejaring sosial. Pihak Starbucks mengadakan tantangan untuk semua konsumen berlomba menjadi yang paling pertama posting foto dari poster Starbucks di Twitter. 

Promosi dengan menggunakan strategi ini cukup membantu, karena akan banyak orang yang ikut mempromosikan logo Starbuck di berbagai media sosial, sehingga dapat dipastikan brand produk Starbuck semakin dikenal oleh masyarakat luas.

0 Response to "Bisnis Plan Kedai Kopi Yang Membuat Usaha Anda Menuai Sukses"

Posting Komentar