Tips Bisnis Ayam Petelur Agar Sukses dan Cepat Untung



Tips Bisnis Ayam Petelur Agar Sukses dan Cepat Untung

Bisnis ayam petelur kerap dijadikan bisnis rumahan dan sampingan para penduduk desa. Untuk bisnis budidaya ayam petelur dapat menjadikan seseorang jadi kaya dan jutawan dalam waktu yang singkat. 

Sesuatu yang dianggap remeh jika dilakukan dengan serius dan dijadikan sesuatu yang besar maka bisa menjadi sesuatu yang besar. Seperti halnya bisnis budidaya ayam petelur ini. Usaha beternak ayam petelur secara rumahan begitu pantas dilakukan oleh siapapun. 

Untuk mengawali usaha ayam petelur tidak dibutuhkan pendidikan yang tinggi. Yang terpenting yaitu kemauan kuat dan juga mau belajar. Untuk usaha ayam petelur membutuhkan perencanaan dan persiapan matang supaya bisnis ayam petelur cepat sukses dan untung.

Padamulanya, memelihara ayam petelur awal tujuan yaitu telur dan dagingnya.Tetapi, ternyata tak hanya telurnya, Anda juga bisa mengambil manfaat lain dari bisnis ini. Anda dapat memanfaatkan kotoran ayam petelur ini untuk dibuat sebagai pupuk kandang. 

Bulu-bulunya juga dapat Anda jual, karena bulu-bulunya termasuk bahan dasar pembuatan dari berbagai jenis alat kebersihan. Tak hanya itu saja, kotoran dari ayam petelor ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat biogas. 

Oleh sebab itu apabila dilihat dari banyaknya manfaat waktu melakukan usaha peternakan ayam petelur ini maka begitu pas kiranya apabila Anda memilih bisnis yang satu ini. Berikut ini tips bisnis ayam petelur agar berjalan sukses. 


Tips Bisnis Ayam Petelur Agar Sukses dan Cepat Untung

Perencanaan Usaha

Dalam melakukan bisnis ternak ayam petelur ini bisa menjadi peluang usaha yang memang menjanjikan. Asalkan dilakukan dengan teknik dan juga dengan kemampuan untuk melihat peluang usaha. 

Seperti apa usaha ini akan dijalankan, apa saja proses yang perlu anda dilakukan, naik turunnya harga, resiko yang terjadi misalnya kondisi pasar, cuaca serta penyakit, danmasih banyak lagi. 

Oleh sebab itu Anda harus punyai perencanaan yang matang pada waktu ingin memulai usaha peternakan ayam petelur ini.

Pembuatan kandang

Saat menjalankan usaha ternak ayam petelur, lokasi kandang jangan ditempatkan pada sembarangan tempat. Misalnya dekat pemukiman warga. Sebab dapat mengganggu ayam dan warga. 

Karena kandang ayam petelur yang ada di dekat perumahan warga akan menghasilkan bau busuk yang tentunya sangat menyengat.

Bibit Ayam Petelur

Dalam memulai usaha budidaya ayam petelur maka modal utama yaitu bibit ayam petelur. Utamakan bibit ayam petelur yang unggul dengan ciri memiliki bulu yang halus, nafsu makan yang tinggi, bobot normal, kondisi ayam sehat, tidak cacat, dan tumbuh dengan baik.

Persediaan Pakan Ayam

Salah satu modal operasional yaitu biaya pakan.  Memperhatikan pakan ayam petelur sangatlah penting karena akan menentukan kualitas telur yang didapatkan. Pakan ayam harus yang berkualitas baik, terdapat kandungan gizi, lemak, protein, energi serta kandungan zat lain yang diperlukan ayam petelur. 

Minuman untuk ayam dimasukkan pada wadah yang steril serta bersih. Apabila pakan ternak ayam berkualitas baik maka ayam petelur dapat menghasilkan telur yang bagus serta ukuran besar besar dalam jumlah banyak.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit

Apabila anda tidak menguasai langkah pencegahan serta pengobatan penyakit pada ayam bisa saja terjadi usaha anda merugi.  Bisa saja banyak ayam yang sakit kemudian mati. Apalagi untuk ayam petelur mudah sekali terkena sakit karena alasan tertentu.

Apabila anda menguasai cara mencegah penyakit dalam ayam petelur serta mengobatinya maka usaha ternak ayam petelur dijamin sukses pada masa yang akan datang.

0 Response to "Tips Bisnis Ayam Petelur Agar Sukses dan Cepat Untung"

Posting Komentar