Pengertian Dan Contoh Dari Konsep 4P Dalam Pemasaran

Pengertian Dan Contoh Dari Konsep 4P Dalam Pemasaran



Pada pemasaran ada konsep 4P dalam pemasaran diantaranya: Placement, Product, Price, and Promotion. Konsep ini sering diterapkan seorang pebisnis saat memulai bisnisnya. Ke-4 aspek pemasaran dapat menjadi pemikiran awal bagi seorang wirausaha sehingga dia dapat memiliki perhitungan yang matang sebelum menanamkan investasinya.

Bila salah satu diantar faktor ada yang tidak berjalan baik, strategi pemasaran yang dilakukan pasti tidak akan berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Karena itu, perlu adanya perencanaan yang baik akan setiap faktor yang terdapat 4P tersebut sehingga bisa menjamin keberhasilan anda dalam pemasaran akan sebuah produk yang anda jual ke masyarakat.


Pengertian Dan Contoh Dari Konsep 4P Dalam Pemasaran

Konsep 4P Dalam Pemasaran

Pelanggan dikelilingi oleh keempat variabel tersebut. Kita kadangberpikir pelanggan adalah bagian dari bauran pemasaran. Customer harus jadi sasaran dari semua usaha dalam kegiatan - kegiatan pemasaran. 

Pelanggan ditempatkan dipusat diagram untuk menunjukkan sebagai sasaran pasar. di bawah ini adalah empat variabel dasar yang ada di dalam bauran pemasaran.
Berikut ini merupakan pengertian dari konsep 4P dalam pemasaran. Diantaranya adalah:

1. Product

Menentukan produk yang akan ditawarkan kepasar umumnya terjadi pada langkah awal dan ide yang didapatkan dari berbagai sumber. Cara termudahnya dengan membandingakan produk yang dijual dan melakukan riset kecil ke target pasar mengenai keuntungan dan kekurangan dari produk yang akan dipasarkan.

Dari hasil riset diharapkan memberi sebuah infomasi akurat untuk pebisnis tentang prospek pasar yang hendak dimasuki serta produk seperti apa yang diharapkan target pasar.

2. Price

Menentukan harga suatu produk tidaklah mudah. Namun cara umum yang digunakan yaitu dengan menggunakan patokan hitungan biaya produk dari awal hingga sampai dijual. Pada setiap produk harus mempunyai komponen biaya tersendiri, dari mulai produksi sampai produk siap untuk dijual.

Dalam menentukan harga berdasarkan biaya dilakukan dengan penambahan persentase margin tertentu ke biaya produk dan persentase tersbeut dianggap sebagai salah satu keuntungan. Persentasenya pun harus sesuai dengan rata-rata margin di pasaran. 

Kelemahan saat memakai metode ini adalah seperti produk bisa mengalami krisis keunikan, namun keunikan yang punya daya pembeda produk atas saingannya luput diperhitungan. Keunikan juga akan mampu membantu produk agar memiliki harga premium di pasar.

3. Placement

Tidak kalah penting juga adalah mengenai produk yang akan ditawarkan tersebut mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju. Dalam berbagai industri, penempatan atau penentan lokasi sangat penting. Karena saat memilih lokasi tempat usaha bisa saja mendapatkan lokasi yang buruk, yang akibatnya langsung pada kegagalan dari usaha yang akan dijalankan.

4. Promotion

Aspek penting lainnya adalah promosi produk. Bagaimana sebuah produk akan dipromosikan ke pasar, sehingga pelanggan tergerak untuk membelinya. Ada salah satu cara melakukan promosi yang efektif adalah dengan beriklan.

Bagi pebisnis yang baru memulai bisnis, iklan dilakukan dengan banyak pertimbangan baik efektif dan efisiensinya. Agar memperoeh efektifitas iklan harusnya memilih media iklan yang cocok dengan karakter dalam target pasar untuk produk. Mungkin tidak seluruh media, karena belum tentu berpengaruh kepada peningkatan penjualan.

Selain itu pemasangan iklan akan berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan. Jika memulai bisnis, sebaiknya masalah biaya mendapat perhatian khusus agar tidak menjadi ganjalan dalam operasional usaha.
 
Cepat  tentukan tujuan promosi, apakah untuk dapat menciptakan kesadaran merk ataukah meningkatkan jumlah penjualan. Nah, jangan lupa untuk menghitung hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan, apakah sudah sesuai dengan harapan atau masih perlu perbaikan kegiatan promosi untuk kedepannya.

0 Response to "Pengertian Dan Contoh Dari Konsep 4P Dalam Pemasaran"

Posting Komentar