Ini Dia Cara Promosi Produk Baru Agar Cepat Laku Terjual

Ini Dia Cara Promosi Produk Baru Agar Cepat Laku Terjual

Bagi seorang pebisnis, cara promosi produk baru yang dilakukan sangat menentukan bagi penjualan produknya. Apalagi jika produk tersebut merupakan sebuah produk baru, harus memiliki cara promosi yang tepat, sebab pasar belum mengenalnya. 

Dalam memasarkan produk baru itu ternyata tidak mudah, terlebih jika produk itu belum dikenal oleh masyarakat luas. Tak jarang kalangan pengusaha harus mencoba berbagai macam cara promosi produk baru dengan biaya pemasaran yang cukup besar, agar produk barunya bisa diterima oleh pasar.

Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi si pengusaha. Disamping itu harus cari cara promosi produk baru yang menarik minat para konsumen, merekapun harus dapat menghadapi persaingan pasar dari produsen lainnya yang lebih dulu memasarkan produk 
yang serupa.

Sebuah produk baru memiliki tingkat kesulitan untuk bisa diterima oleh pasar. Lalu bagaimana agar produk baru tersebut bisa laku dan terjual?
Ini Dia Cara Promosi Produk Baru Agar Cepat Laku Terjual


Bagaimana Cara Promosi Produk Baru

Hal yang harus dilakukan oleh pebisnis adalah dengan membuat cara promosi yang kreatif. Ada beberapa hal yang bisa dicoba, diantaranya:

1. Gabung dengan komunitas

Pilih komunitas yang sesuai dengan produk Anda. Misalnya produk Anda adalah makanan, maka bergabunglah dengan komunitas-komunitas kuliner yang ada. Kalau produk berupa baju muslim, maka bergabunglah dengan komunitas fashion. Bergabung dengan komunitas juga bisa memperluas jaringan.

2. Ikut pameran atau bazaar

Salah satu info yang sering didapat dari komunitas adalah info tentang pameran atau bazaar. Anda harus rajin mengikuti pameran atau bazaar sebagai ajang untuk mengenalkan produk.

3. Manfaatkan sosial media

Buatlah sebuah situs web atau landing page bagi bisnis Anda. Di zaman internet seperti ini, Anda harus belajar untuk memanfaatkan sosial media, jika ingin bisnis Anda melesat.

4. Sebar brosur

Buat brosur yang memperkenalkan produk Anda. Sehingga Anda mempunyai “senjata” yang bisa diandalkan saat mengikuti pameran atau bazaar. Selain itu brosur juga bisa disebar di perumahan-perumahan, daerah perkantoran atau tempat strategis lainnya.

5. Membuat program promosi

Buatlah program promosi setiap ada event tertentu. Seperti saat weekend, saat lebaran atau hari istemewa lainnya. Contohnya, setiap beli 2 akan mendapat gratis 1. Promosi produk menjadi hal yang begitu penting dalam mengenalkan berbagai  produk baru, minimal perhatikan juga  faktor pendukung STP (segmentation, targeting, positioning) dan marketing mix (produk, price, place dan promotion).

Ini dimaksudkan agar kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Adapun strategi pada promosi produk yang bisa dilakukan diantaranya menawarkan harga yang bersaing, menjaga kualitas produk, menentukan letak lokasi usaha yang pas dan strategis, memberikan bonus atau potongan harga pada saat launching produk.

6. Menjadi sponsor

Sesekali jadilah sponsor sebuah acara. Dengan demikian, masyarakat akan melihat produk Anda dengan lebih fokus. Mereka akan mengenal nama produk Anda dan mengingatnya kelak.

7. Bagikan sample

Kegiatan yang satu ini, sangat disukai oleh masyarakat. Jika produk Anda makanan, berikan tester pada pengunjung pameran. Jika produk Anda berupa jasa, berikan trial pada calon pelanggan Anda.

Selanjutnya Anda bisa analisa ulang cara promosi yang telah dilakukan. Mana yang paling cocok dengan pasar, atau mana yang paling besar pengaruhnya pada penjualan produk baru Anda.

Strategi dalam cara promosi produk baru, ini juga punya pengaruh besar pada penjualan produk. Karena kesan pertama yang didapat konsumen dari sebuah produk baru, akan menentukan penilaian mereka terhadap image produk tersebut. Demikian informasi mengenai cara promosi produk baru, semoga bisa bermanfaat dan salam sukses.


0 Response to "Ini Dia Cara Promosi Produk Baru Agar Cepat Laku Terjual"

Posting Komentar