Cara Bisnis Saham Syariah Untuk Pemula Dan Seluk Beluknya

Cara Bisnis Saham Syariah Untuk Pemula Dan Seluk Beluknya



Sejauh ini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara bisnis saham syariah. Padahal, pasar modal syariah merupakan alternatif yang tepat bagi umat Islam yang masih ragu untuk berinvestasi.

Secara umum, instrumen tersebut sama dengan instrumen konvensional di pasar modal, yakni saham, obligasi, dan reksa dana. Akan tetapi yang membedakannya, perdagangan instrumen tersebut harus berdasarkan prinsip syariah.

Saham Syariah adalah surat berharga tetang bukti penyertaan modal mengenai suatu perusahaan yang menggunakan sistem bagi hasil. Oleh karena itu tidak bertentangan dengan syariah Islam. Saham tersebut juga harus dikeluarkan oeh perusahaan yang bergerak di bidang usaha yang halal.

Cara Bisnis Saham Syariah Untuk Pemula Dan Seluk Beluknya

Mengenal Cara Bisnis Saham Syariah

Tidak ada yang sulit ketika anda ingin mencoba berinvetasi di jenis saham syariah. Cara berinvestasinya sama saja dengan bermain di saham konvensional.

Anda hanya cukup mendatangi perusahaan sekuritas atau agen yang menjual saham. Di sana, anda dapat memilih saham berjenis syariah yang diminati.

Ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan untuk dapat memiliki saham syariah yang diinginkan.
  1. Pertama, kenali saham yang diinginkan. Di dalam saham itu, terdapat risiko dari dana yang telah anda tanamkan. Karena itu, menjadi penting untuk mengetahui terlebih dahulu seluk-beluk saham yang diinginkan sebelum membelinya ke perusahaan sekuritas maupun agen saham lainnya.
  2. Kedua, pastikan saham bebas dari praktik yang tidak sesuai ajaran islam seperti yang sudah dituliskan sebelumnya.
  3. Ketiga, datangi perusahaan sekuritas.
Setelah memahami daftar perusahaan yang sahamnya berkonsep syariah, saatnya anda mulai bertindak riil. Jika memang berniat bermain saham syariah, segera datangi perusahaan sekuritas terpercaya yang menjual saham syariah yang diinginkan. Pastikan perusahaan sekuritas tersebut diakui OJK.

Seluk-Beluk Investasi Saham Syariah

Ketika Anda akan mengikuti investasi saham syariah ini, terlebih dahulu harus membuka rekening efek melalui perusahaan sekuritas, kemudian menyetor sejumlah uang dan ingat perusahaan tersebut harus sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Tak semua jenis perusahaan semacam ini memberi pelayanan dengan baik, oleh karena itu Anda perlu memilih mana perusahaan yang berkompeten seperti skuaritas yang berplat merah yaitu anak usaha BUMN.

Masing-masing skuaritas menawarkan pelayanan yang berbeda-beda, ada yang menawarkan full service dan ada juga yang hanya melayani jual-beli. Disamping  itu ada pula perusahaan skuaritas melayani jasa online brokerage, jadi Anda dapat jual-beli pada internet.

Anda bisa mulai cara bisnis saham syariah ini dengan melakukan investasi 2 – 3 hari setelah semua persyaratan terpenuhi seperti mengisi form, administrasi dan lainnya. Biasanya kita dapat bertransaksi  dari jumlah deposit yang telah kita setorkan.

Satu hal yang perlu Anda waspadai dalam bisnis ini adalah berhati-hati pada broker-dealer, karena jasa seperti ini biasanya tidak memperdulikan kita untung atau rugi karena mereka dibayar dari komisi jual-beli.

Tanpa kita tahu maka broker ini bisa melakukan transaksi menggunakan dana yang kita punya.
Broker (perusahaan skuaritas) ini juga ada sebagian yang bertindak sebagai penjamin emisi ketika sebuah perusahaan akan mendaftarkan diri di bursa. 

Mereka mengeluarkan alasan supaya harga emiten selalu bagus, sehingga dalam berinvestasi jangan jadikan rekomendasi dari analis dijadikan sebagai sumber utama tapi jadikanlah itu sebagai sebuah saran saja.

Seperti itulah seluk beluk dan cara bisnis saham syariah yang bisa kami sampaikan kepada para pembaca semua. Semoga dengan apa yang kami sampaikan ini bisa menambah pengetahuan anda tentang bisnis.

0 Response to "Cara Bisnis Saham Syariah Untuk Pemula Dan Seluk Beluknya"

Posting Komentar