6 Langkah Yang Penting Dalam Strategi Pemasaran UMKM

6 Langkah Yang Penting Dalam Strategi Pemasaran UMKM



Bisnis UMKM tergolong dalam skala bisnis yang kecil. Binis ini dijalankan dan dimiliki oleh perorangan. Sehingga strategi pemasaran UMKM cenderung terbentuk secara spontan, apa adanya, dan tidak fokus. Para pelaku UMKM ini tidak mau dipusingkan dengan perencanaan yang berbelit dan lebih memilih strategi pemasaran umkm yang fleksibel.

Alasan ini disebabkan terbatasnya dana anggaran dalam melakukan pemasaran, sehingga para pengusaha perlu mencari cara yang efektif dalam memasarkan hasil produk atau jasa dengan biaya pemasaran yang rendah atau bahkan tanpa mengeluarkan biaya.

Tujuan Strategi Pemasaran UMKM

Strategi pemasaran UMKM diperlukan karena beberapa hal berikut ini:
1. Pemasaran untuk sarana mengenalkan produk kita kepada konsumen, mulai dari bahan, fitur, fungsi, dan berbagai detil produk.

2. Mengidentifikasi minat para konsumen. Riset dalam pemasaran perlu dilakukan demi mengetahui keinginan dan perilaku konsumen. Dengan demikian, pengusaha bisa memenuhi harapan konsumen melalui produk yang dihasilkan.

3. Pemasaran menjadi urat nadi perusahaan. Tanpa adanya strategi yang baik, maka penjualan akan sulit dicapai

6 Langkah Yang Penting Dalam Strategi Pemasaran UMKM

Langkah- Langkah Strategi Pemasaran UMKM

Langkah apa saja yang harus dilakukan agar strategi pemasaran UMKM berjalan efektif? Berikut ini adalah penjelasannya:

1.Akses yang mudah dijangkau

Jangkauan yang mudah diakses oleh existing customer jadi terus mendatangi kita serta adanya pertumbuhan dari konsumen baru. Selain itu menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen, melayani dengan personal touch, yang membuat konsumen merasa istimewa akan menjadi nilai tambah dari produk/ jasa yang kita berikan.

Customer maintenance dapat dilakukan dengan memberi ucapan ulang tahun pada konsumen saat hari lahirnya, point reward ketika pembelian tertentu yang dapat ditukarkan hadiah, atau free delivery.

2. Membuat produk yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki produk lain

Konsumen yang kian cerdas dan ketatnya arus persaingan menuntut pengusaha berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produknya agar bisa memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Jika produk kita tidak up-to-date, maka akan ditinggalkan konsumen.

3. Memanfaatkan media sosial, e-commerce

Dalam era digital sekarang ini, arus komunikasi jadi semakin cepat, mudah dan murah dengan teknologi internet. Dengan menggunakan jaringan internet memungkinkan produk kita menjangkau area yang lebih luas. 

Selain menjangkau pasar yang lebih luas, efisien dan murah, keuntungan lain dari pemasaran dengan e-commerce ini adalah memperpendek jarak distribusi produk sehingga konsumen mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Publikasi

Gunakan publikasi  dengan pemasangan banner, spanduk ataupun brosur di tempat yang sering dikunjungi oleh calon pembeli. Mengikuti bazar, pameran, atau event – event tertentu seperti car free day dimana banyak pengunjung yang datang sehingga produk kita bisa dikenal.

5. Mengetahui Kompetitor Asli dari Bisnis Kita

Hal yang lumrah bila konsumen kita, setelah bertanya tentang apa yang dpat kita tawarkan, maka mereka akan langsung membandingkannya dengan penyedia yang lain – dalam hal ini kompetitor. Namun yang perlu kita selidiki adalah, apakah kompetitor yang selama ini kita anggap sebagai saingan adalah benar – benar saingan kita apa bukan.

6.Memastikan Apa yang Ditawarkan Lebih Baik dan Berbeda dari Kompetitor

Dalam tahap ini, silakan daftar berbagai kelebihan serta perbedaan yang dimiliki dari kompetitor Anda. Mana yang dapat Anda fokuskan sebagai keunggulan kompetitif, maka dipertahankan. Apabila ada aspek yang kurang, maka segera dibenahi.

Dengan adanya strategi pemasaran UMKM yang terencana dan baik  menjadikan aktivitas marketing efektif. Sehingga mungkin sebuah UMKM bisa berkembang pesat. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita, terlebih pelaku UMKM.

0 Response to "6 Langkah Yang Penting Dalam Strategi Pemasaran UMKM"

Posting Komentar