5 Langkah Dalam Menjalankan Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

5 Langkah Dalam Menjalankan Strategi Pemasaran Produk Kerajinan



Jika kita lihat banyaknya industri kreatif yang telah berkembang di Negara Indonesia, maka bisnis kerajinan tangan termasuk bidang usaha yang tidak pernah mati.

Meski produk kerajinan bukan menjadi barang kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, namun seiring dengan meningkatnya daya beli konsumen di negara kita, sekarang ini produk kerajinan tangan laris manis diserbu konsumen dari berbagai jenis kalangan masyarakat.

Tidak heran jika akhir akhir ini pertumbuhan dari bisnis kerajinan mulai mewabah pada berbagai daerah. Lantas bagaimana strategi pemasaran produk kerajinan itu agar bisa diterima di hati kalangan banyak.

Nah, untuk menjawab kesulitan para pemula yang tertarik terjun di bisnis kerajinan tangan. Kali ini saya akan memaparkan bagaimana srategi pemasaran produk kerajinan tangan?


5 Langkah Dalam Menjalankan Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

Inilah Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Jitu

Pada dasarnya dalam menjalankan bisnis, anda harus memiliki strategi jitu. Strategi pemasaran produk harus disesuaikan target pasar kita. Demikian juga di pasarkan dengan cara sesuai dengan pola pikir dan karakter dari target pasar.

Selain memberikan pelayanan konsumen yang baik, service yang baik pada konsumen sehingga konsumen atau calon konsumen anda benar-benar puas. Jika mereka puas maka hal itu akan mendorong konsumen akan membeli produk anda kembali. Disamping itu konsumen anda bisa berbagi info kepada orang lain karena dia merasa puas.

5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan tersebut antara lain :


1.  Tentukan target market usaha anda, ini sangat penting karena jika target market tepat sasaran maka promosi akan lebih efisien dan efektif.
 
2.  Promosi produk sesuai target pasar, produk perlu dipromosikan dengan terintegrasi baik dari mulai pembagian flyer atau brosur dan juga dengan memasang iklan di koran, majalah,tabloid,koran lokal, lewat jaringan sosial di internet seperti facebook dll yang saat ini banyak digunakan orang.
 
3.  Produk yang anda hasilkan sebaiknya memiliki keunikan, supaya produk kreasi anda menjadi trademark serta dikenal banyak orang atau diingat orang karena ada sesuatu yang beda  baik dari segi kemasan,bentuk,warna. 
 
Walaupun produk anda bervariasi banyak macam sebaiknya anda memilik satu jenis produk unggulan yang bisa menarik calon konsumen anda . Produk unggulan itu dapat berupa produk baru yang mmang belum pernah beredar dipasaran, atau bisa mencontoh berbagai produk yang ada dipasaran tapi dimodifikasi dengan tampilan yang berbeda.
 

4. Penghargaan, berikan penghargaan untuk konsumen yang loyal karena ini akan mendorong pelanggan membeli produk lebih banyak dan memperkenalkan produk yang anda buat kepada orang lain. 


Memberi semacam award yang simpel seperti memberikan voucer saat melakukan pembelian dalam jumlah tertentu, atau bisa juga memberikan penghargaan apabila berhasil mengajak orang untuk berbelanja bisa diatur misal mengajak 1 orang atau lebih berbeda penghargaan yang diberikan.

Dengan adanya program tersebut akan mendorong konsumen anda untuk mengajak orang lain dan orang lain akan mengajak orang lain lagi. Dengan begitu produk yang telah anda tawarkan bisa meledak permintaan dan omzetnya.

5.  Menggandeng Partner usaha lain, untuk usaha souvenir produk ini bisa dipasarkan dengan cara menjalin kerja sama dengan usaha yang ada hubungan dengan souvenir misal , salon, Event Organizer baik ulang tahun atau pernikahan, sehingga produk anda bisa mencapai target ke sasaran yang sesuai, dan tentunya lebih cepat. 

Yang perlu anda lakukan adalah memberikan fee atau komisi kepada orang yang anda jadikan partner usaha tersebut.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan mengenai strategi pemasaran produk kerajinan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Langkah Dalam Menjalankan Strategi Pemasaran Produk Kerajinan"

Posting Komentar